Untuk mendapatkan jawaban dari proses penggeseran ini, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah menggambar dan kedua pakai rumus.
Ok, mari kita coba soalnya.
Kita mulai dari persamaan asal, yaitu y = x²
Menggambar y = x²
Untuk persamaan ini, bisa digambar dengan menggunakan metode seperti berikut.
y = x²
Jika :
Kita cari titik puncaknya untuk x dulu..
x = -b ÷ 2a
x = -(-8) ÷ 2.1
x = 8 ÷ 2
x = 4.
Untuk mendapatkan y, masukkan hasil x diatas ke dalam persamaan parabolanya..
y = x² - 8x + 6
y = x² puncaknya (0,0)
y = x² - 8x + 6 puncaknya (4,-10)
Kita lihat sumbu x dulu.
Rumus yang digunakan sangat sederhana, hanya pengurangan saja..
Titik puncak awal (0,0)
Titik puncak akhir (4,-10)
Data ini diperoleh sesuai hasil dari cara pertama.
Pergeseran di sumbu x
= x₂ - x₁
= 4-0
= 4
Hasilnya positif 4, berarti grafik digeser ke kanan 4 satuan
Kalau negatif digeser ke kiri ya.
Pergeseran di sumbu y
= y₂ - y₁
= -10 - 0
= -10
Hasilnya -10, berarti grafik digeser ke bawah sebanyak 10 satuan
Kalau positif digeser ke atas ya!!
Jadi :
Nah, seperti itulah cara menggeser sebuah grafik persamaan kuadrat..
Ok, mari kita coba soalnya.
Soal :
1. Persamaan kuadrat y = x² digeser menjadi y = x² - 8x + 6. Bagaimanakah cara menggeser persamaan tersebut??
1. Persamaan kuadrat y = x² digeser menjadi y = x² - 8x + 6. Bagaimanakah cara menggeser persamaan tersebut??
Cara pertama → Menggunakan gambar
Kita mulai dari persamaan asal, yaitu y = x²
Menggambar y = x²
Untuk persamaan ini, bisa digambar dengan menggunakan metode seperti berikut.
y = x²
Jika :
- x = -2, maka y = 4
- x = -1, maka y = 1
- x = 0, maka y = 0
- x = 1, maka y = 1
- x = 2, maka y = 4
- Dan seterusnya..
Penjelasannya sebagai berikut.
Jika x = -2, maka ganti x dengan -2 pada persamaan diatas.
y = x²
y = (-2)²
y = 4.
Itulah caranya..
Untuk persamaan dasar ini, y = x², gambar grafiknya selalu seperti ini dan kalau bisa dihafalkan atau dingat untuk mempercepat pengerjaan soal.
Titik puncak atau titik belok grafik adalah titik (0,0).
Menggambar y = x² - 8x + 6
Sebenarnya, yang diperlukan untuk menentukan proses penggeseran grafik ini hanyalah titik puncak dari grafik itu saja..
Jadi, kita langsung cari titik puncaknya..
y = x² - 8x + 6
Perhatikan :
Menggambar y = x² - 8x + 6
Sebenarnya, yang diperlukan untuk menentukan proses penggeseran grafik ini hanyalah titik puncak dari grafik itu saja..
Jadi, kita langsung cari titik puncaknya..
y = x² - 8x + 6
Perhatikan :
- a = angka di depan x² = 1
- b = angka di depan x = -8
- c = angka yang tidak mengandung x = 6
Kita cari titik puncaknya untuk x dulu..
x = -b ÷ 2a
x = -(-8) ÷ 2.1
x = 8 ÷ 2
x = 4.
Rumusnya tolong dihafalkan ya!!
Mencari titik puncak untuk x, rumusnya adalah x = -b ÷ 2a
Untuk mendapatkan y, masukkan hasil x diatas ke dalam persamaan parabolanya..
y = x² - 8x + 6
- x = 4
y = 4² - 8.4 + 6
y = 16 - 32 + 6
y = -10
Sehingga titik puncaknya adalah (x,y) = (4, -10)
Dan gambar parabolanya seperti ini..
Menentukan pergeseran grafiknya
Ok..
Dalam soal, grafik y = x² digeser menjadi y = x² - 8x + 6.
Mari lihat grafik 2 diatas..Dan gambar parabolanya seperti ini..
Menentukan pergeseran grafiknya
Ok..
Dalam soal, grafik y = x² digeser menjadi y = x² - 8x + 6.
Ingat!!
Disini yang berpengaruh hanyalah titik puncak saja. Karena itu kita hanya membutuhkan data kedua titik puncaknya..
y = x² puncaknya (0,0)
y = x² - 8x + 6 puncaknya (4,-10)
Kita lihat sumbu x dulu.
- Titik puncak bergerak 4 satuan ke kanan (lihat bagian warna oranye di grafik 2)
- Titik puncak bergerak 10 satuan ke bawah (lihat bagian warna oranye di grafik 2)
- Pergeseran ini dilihat dari titik asal, yaitu (0,0)
Sehingga, untuk menggeser grafik y = x² menjadi y = x² - 8x + 6 langkahnya adalah :
- Menggeser grafik 4 satuan ke kanan
- Menggeser grafik 10 satuan ke bawah.
Itulah jawabannya..
Cara kedua → Menggunakan rumus
Rumus yang digunakan sangat sederhana, hanya pengurangan saja..
Titik puncak awal (0,0)
- x₁ = 0
- y₁ = 0
Titik puncak akhir (4,-10)
- x₂ = 4
- y₂ = -10
Data ini diperoleh sesuai hasil dari cara pertama.
Pergeseran di sumbu x
= x₂ - x₁
= 4-0
= 4
Hasilnya positif 4, berarti grafik digeser ke kanan 4 satuan
Kalau negatif digeser ke kiri ya.
Pergeseran di sumbu y
= y₂ - y₁
= -10 - 0
= -10
Hasilnya -10, berarti grafik digeser ke bawah sebanyak 10 satuan
Kalau positif digeser ke atas ya!!
Jadi :
- Grafik digeser 4 satuan ke kanan
- Dan digeser 10 satuan ke bawah
Nah, seperti itulah cara menggeser sebuah grafik persamaan kuadrat..
Baca juga :
Post a Comment for "Persamaan y = x2 digeser menjadi x2 -8x +6. Digeser ke arah mana grafik asalnya?"